Fosil Dinosaurus Bertanduk Ditemukan, Peneliti Sebut Jenis Paling Besar yang Pernah Ditemukan

- 20 Juni 2024, 22:15 WIB
Tampilan fosil dinosaurus bertanduk yang ditemukan.
Tampilan fosil dinosaurus bertanduk yang ditemukan. /Museum Evolution/

PATRIOT BEKASI - Spesies dinosaurus bertanduk raksasa jenis baru dilaporkan telah kembali ditemukan. Berdasarkan hasil pengamatan para peneliti spesies tersebut merupakan penemuan terbesar dan paling banyak ragamnya dari jenis yang pernah ditemukan sebelum ini.

Fosil dinosaurus, yang diberi nama Lokiceratops rangiformis itu, yang ditemukan ini termasuk juga tengkorak dan bagian kerangkanya.

Kerangka-kerangka tersebut dilaporkan ditemukan di bagian bawah tanah milik pribadi di wilayah Kennedy Coulee, tepatnya di tanah tandus di Montana utara dekat perbatasan AS-Kanada.

Dinosaurus jenis Lokiceratops ini termasuk dalam kelompok dinosaurus bertanduk yang dikenal sebagai ceratopsids.

Baca Juga: Wajib Coba! Playground Terbesar di Jabar Segera Hadir di Pollux Mall Cikarang Bernama City Garden Eat And Play

Binatang ini berevolusi selama periode Kapur Akhir, sekitar 92 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga akhir zaman dinosaurus.

Para peneliti mengatakan Lokiceratops adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di rawa-rawa dan dataran banjir di Montana saat ini sekitar 78 juta tahun yang lalu.

Lokiceratops juga merupakan sepupu dari Triceratops yang terkenal di dunia dinosaurus hingga saat ini.

Lebih lanjut, Lokiceratops diperkirakan memiliki ukuran dengan panjang 22 kaki atau sekira 6,7 meter dan berat sekitar 11.000 pon atau sekira 4989 kilo.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub