Musim Kemarau, Kekeringan dan Kebakaran Hutan Hantui Jawa Barat

- 11 Juni 2021, 06:45 WIB
Ilustrasi musim kemarau. Ilustrasi kekeringan di musim kemarau. BPBD mewaspadai adanya bencana kekeringan dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah.*
Ilustrasi musim kemarau. Ilustrasi kekeringan di musim kemarau. BPBD mewaspadai adanya bencana kekeringan dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah.* /ANTARA

PR BEKASI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mewaspadai bencana kekeringan di sejumlah wilayah di Jabar.

Bencana kekeringan tersebut dipicu oleh musim kemarau yang telah melanda sebagian wilayah di Jabar.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jabar, Dani Ramdan menjelaskan bahwa selain bencana kekeringan, kondisi musim kemarau pun bisa memicu kebakaran serta lahan.

Baca Juga: Imbas Fenomena La Nina, BMKG Sebut Musim Hujan Akan Lebih Lama dan Kemarau Lebih Singkat di Tahun 2021

BPBD menjelaskan bahwa Jabar terbagi menjadi 36 zona musim, tujuh diantaranya telah memasuki musim kemarau sejak Mei 2021.

Tujuh zona musim tersebut berada di sebagian wilayah Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang dan Karawang.

“Setiap zona musim ini bisa memasuki musim kemarau maupun musim hujan lebih awal atau belakangan,” kata Dani sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Jumat, 11 Juni 2021.

Baca Juga: BMKG: Prediksi Musim Hujan - Kemarau 2021, Fenomena La Nina Pengaruhi Curah Hujan Indonesia

“Kita melihat, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor musim hujan lebih panjang. Sampai saat ini masih hujan, tapi di Pantura, yakni Cirebon, Indramayu, Subang, mulai Karawang sudah mulai masuk musim kemarau,” katanya melanjutkan.

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X