Tak Perlu Ribet, Begini Caranya Cek Status Bansos Virus Corona Secara Online

- 16 Mei 2020, 14:30 WIB
ILUSTRASI aplikasi.* pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Implementasi penyaluran bantuan sosial (bansos) yang tidak tepat sasaran membuat persepsi publik terkait kebijakan bantuan tersebut berubah dari positif menjadi negatif.

Sejak adanya pendistribusian bansos ke beberapa wilayah di Indonesia, banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa bansos yang diberikan pemerintah tidak tepat sasaran.

Bahkan, masih banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi corona belum menerima bantuan tersebut. Hingga kini polemik tersebut masih menjadi perhatian publik.

Baca Juga: Bom Truk Meledak di Kawasan Penduduk Afghanistan, 5 Orang Tewas

Merespon kondisi tersebut, kini Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan layanan online bagi warga yang ingin mengetahui status bantuan sosial (bansos) dampak Virus Corona atau COVID-19.

Untuk mengetahui status penerima bansos, masyarakat hanya tinggal memasukkan Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) di situs https://jps.bandung.go.id/.

Di halaman awal masukan NIK ke dalam kolom yang sudah disediakan kemudian tekan Cari.

Baca Juga: Tradisi Tembakan Meriam Sebagai Tanda Berbuka Puasa di Mesir

Kepala Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, jika termasuk dalam warga yang berhak memperoleh bantuan dan terdata, akan langsung muncul nama, alamat, jenis bantuan yang diterima, serta status penyalurannya.

"Hari ini sudah bisa diakses. Warga bisa dengan mudah mengetahui status bantuannya melalui situs tersebut," ujar Tono seperti dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi Humas Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X