Sambut New Normal, Ridwan Kamil Kerahkan Mobil Tes COVID-19 Mandiri di 30 Wilayah

- 2 Juni 2020, 08:00 WIB
Mobil khusus pemeriksaan virus corona yang disebar di Jawa Barat Instagram

PIKIRAN RAKYAT – Dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal di 30 zona biru, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat meluncurkan armada mobil khusus untuk melakukan pemeriksaan Virus Corona serta mobil yang memiliki laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan standar keamanan Bio Security Level 3.

Sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dalam akun Instagramnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan mobil-mobil tersebut akan dikirim ke kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Tak hanya pemeriksaan biasa, mobil-mobil yang didalamnya terdapat petugas kesehatan dan gugus tugas itu juga akan melakukan kegiatan sidak di titik-titik keramaian guna memastikan tidak ada risiko penularan Virus Corona selama penerapan new normal.

Baca Juga: Modus Malware Baru yang Bisa Sebabkan Ponsel Rusak, Lewat Gambar Pemandangan Alam yang Indah

Tujuan lainnya yakni menjangkau sebanyak mungkin warga Jawa Barat untuk melakukan pemeriksaan Virus Corona sesuai anjuran WHO agar lokasi penularan lebih mudah dipetakan.

Selain itu Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya mampu menggelar pemeriksaan massal secara mandiri dengan sumber daya yang dimiliki Jawa Barat.

“Jawa Barat optimis karena kami Insya allah bisa mandiri dalam penyediaan reagen RT-PCR dan kit rapid test yang bisa diproduksi oleh industri Jawa Barat sehingga suatu hari tidak perlu impor lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Salad Pepaya Dikabarkan Dapat Melindungi dari Penularan Virus Corona, Simak Faktanya

Sebagai pemangku jabatan tertinggi di Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap agar seluruh masyarakat Jawa Barat bisa terbebas dari risiko penularan Virus Corona sehingga langkah pemeriksaan massal dapat menekan angka penyebaran secepat mungkin.

Sementara itu terdapat beberapa aturan dalam menerapkan AKB di Jawa Barat berdasarkan kategori zona kewaspadaan wilayah masing-masing sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X