Proyek Infrastruktur Transportasi Berkembang Pesat, Bekasi Diharapkan Fokus Jadi Metropolitan Besar

- 26 Februari 2021, 08:07 WIB
Pengendara kendaraan melintas di dekat area pengerjaan pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 8 April 2019. /ANTARA FOTO/Risky Andrianto/wsj/aa/ANTARA FOTO

PR BEKASI – Dengan berkembang pesatnya proyek infrastruktur di Kota Bekasi terutama transportasi, sudah saatnya Kota Bekasi tidak lagi hanya sebagai penyangga Jakarta tetapi sebagai metropolitan besar.
 
Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dewan Transportasi Kota Bekasi, Harun Al Rasyid di Jakarta pada Kamis, 25 Februari 2021.
 
Menurutnya, hal tersebut dapat memberi pengaruh signifikan bagi perkembangan kawasan dan akan merubah wajah Kota Bekasi menjadi lebih baik di masa depan.
 
Beberapa proyek transportasi di Kota Bekasi contohnya seperti pembangunan LRT Jabodebek, Tol Becakayu, dan Tol Layang Jakarta-Cikampek telah membantu akomodasi warga, tidak hanya warga Bekasi, namun juga luar Bekasi.

Baca Juga: Jokowi Disambut Kerumunan Disebut Spontanitas, Saleh Daulay: Tapi Kok Ada Bagi-bagi Suvenir?

Baca Juga: CIA Sebut Putra Mahkota Saudi Dalang Pembunuhan Jamal Khashoggi, Joe Biden Bimbang

Baca Juga: Khawatir Dideportasi dari Malaysia, Ibu Muda Myanmar Pilih Akhiri Hidupnya 

Proyek tersebut tentunya selain mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta, juga akan menimbulkan dampak terhadap perkembangan ekonomi daerah.
 
"Dengan transportasi publik yang semakin nyaman akan makin banyak masyarakat yang menjadi kaum sub urban dari Bekasi," kata Harun Al Rasyid, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.
 
Tidak hanya di Kota, dalam berbagai kesempatan, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja juga kerap menegaskan bakal mempercepat realisasi pembangunan Kabupaten Bekasi di tahun ini.
 
Percepatan dilakukan karena beberapa tahun terakhir pembangunan fisik biasanya baru dilaksanakan pada semester kedua tapi pada tahun ini dikerjakan pada triwulan pertama sehingga  hasilnya akan lebih cepat.

Baca Juga: Pemkab Bekasi Akan Permudah Warga Urus Dokumen Kependudukan yang Rusak Akibat Banjir, Cek Syaratnya! 

Dengan perkembangan infrastruktur yang semakin meningkat maka pertumbuhan hunian dan kawasan industri yang dibangun dekat dengan infrastruktur sehingga muncul proyek LRT City Bekasi.
 
Kota maupun Kabupaten Bekasi selama ini dikenal sebagai wilayah penyangga ibu kota baik untuk kepentingan ekonomi maupun hunian warga yang banyak bekerja di Jakarta.

Penyediaan transportasi mulai dari TransJakarta, KRL, maupun yang terbaru yang akan beroperasi yakni LRT turut menbantu mobilitas pulang-pergi warga sehingga dapat mengurangi ketergantungan kepada kendaraan pribadi.

Sehingga Bekasi diharapkan dapat tumbuh menjadi metropolitan besar dan tidak lagi hanya sebagai penyangga ibu kota Jakarta.***

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X