Mengenal Sejarah Singkat Julukan Bekasi sebagai Kota Patriot

- 28 Januari 2020, 06:30 WIB
KALI di Bekasi yang jadi saksi sejarah pada masa kolonial Belanda.*

PIKIRAN RAKYAT – Sejarah Kota Bekasi memiliki cerita tersendiri bagi warganya terutama para pejuang kemerdekaan yang hidup pada masa itu.

Dahulu, Bekasi merupakan lokasi yang strategis bagi para pejuang untuk berkumpul dengan tujuan berperang melawan penjajah yang datang ke Indonesia.

Bagi sebagian orang, mendengar istilah Kota Patriot langsung tertuju pada Kota Bekasi. Julukan tersebut pun dijadikan lambang kebanggaan kota yang berperan sebagai satelit ibu kota DKI Jakarta.

Baca Juga: Catat Nomor-nomor Penting Pemerintah Kota Bekasi yang Dapat Dipakai saat Darurat 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata patriot berarti pecinta atau pembela tanah air. Dapat disimpulkan dari arti tersebut, bahwa pada masa lalu telah terjadi gerakan bela negara oleh masyarakat yang ada di Bekasi.

Seorang Budayawan Bekasi, Ali Anwar mengatakan julukan kota patriot disematkan karena pada saat masa kolonial Belanda, daerah tersebut sempat menjadi medan pertempuran antara pribumi dan juga tentara Belanda.

Pada masa itu, daerah yang dulunya bernama Dayeu Sundasembawa atau Jayagiri ini merupakan bagian dari Kawedanan Jatinegara, Karesidenan Batavia. Daerah tersebut menjadi lokasi pertahanan para pribumi dari segala upaya sekutu yang ingin menguasai wilayah Jawa Barat melalui jalur pantai utara.

Baca Juga: Bappeda Kabupaten Bekasi Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Program Pembangunan Desa Kumuh Tahun 2021 

Di Bekasi, bukan hanya Barisan Keamanan Rakyat dan Tentara Keamanan Rakyat yang berjaga untuk mempertahankan wilayah Bekasi dari musuh, bahkan warga dengan segala keterbatasan baik kemampuan yang dimiliki maupun persenjataan pun ikut serta.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X