Kamis, 20 Februari 2020

Oknum Guru SMA di Bekasi Melakukan Tindakan Kekerasan, Ombudsman Minta Ditindak Tegas

- 13 Februari 2020, 21:53 WIB
OMBUDSMAN.*/DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Video viral yang beredar pada hari Kamis pagi, 13 Februari 2020 mengenai tindak kekerasan yang dilakukan oleh seorang guru di SMA Negeri 12 Bekasi menjadi sorotan berbagai pihak, termasuk Ombudsman.

Video viral tersebut memperlihatkan seorang guru bernama Idiyanto Muin yang melakukan tindakan kekerasan pada murid-muridnya yang terlambat di lapangan sekolah.

Menanggapi kejadian tersebut, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya meminta Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Polres Metro Bekasi Kota menindak oknum guru tersebut secara tegas.

Baca Juga: Disdik Jabar Sanksi Oknum Guru SMAN 12 Kota Bekasi yang Lakukan Tindakan Kekerasan Terhadap Siswanya

Dikutip dari Antara oleh pikiranrakyat-bekasi.com, Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh Nugroho berpendapat bahwa kasus kekerasan terhadap siswa itu harus mendapat pengawalan secara hukum dan pemerintahan.

“Disdik Jawa Barat bisa memberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya sebagaimana yang termuat dalam Pasal 11 dan Pasal 12 Permendikbud 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan,” ujar Teguh.

Tindakan Disdik Jabar yang mencabut Muin dari jabatan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan diapresiasi oleh Teguh.

Baca Juga: Respon Proposal Perdamaian Timur Tengah dari Donald Trump, Ma’ruf Amin: Indonesia Tetap pada Sikapnya, Membela Palestina

Namun Teguh menambahkan bahwa pihak Ombudsman akan memastikan pengawas internal Disdik Jabar melakukan pemeriksaan lebih jauh terkait masalah itu.

Ombusdman juga akan mengacu pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Perlindungan Anak yang menjelaskan mengenai pelarangan menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X