Seriusi Masalah Sampah di Bekasi, Pemkot Gandeng Waste 4 Change Terapkan Konsep Smart City

- 19 Februari 2020, 10:42 WIB
SAMPAH menjadi prioritas utama Pemerintah Kota Bekasi dalam mewujudkan kebersihan lingkungan.*

PIKIRAN RAKYAT – Jumlah pertumbuhan penduduk yang relatif cepat di wilayah perkotaan menimbulkan beragam permasalahan seperti meningkatnya kasus kriminalitas dan penurunan kualitas sarana dan prasarana yang signifikan hingga permasalahan sampah.

Dikutip oleh tim Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs WRI Indonesia, kondisi perkotaan yang terus mengorbankan lahan pertanian utama, ekosistem, dan keanekaragaman hayati dapat mempengaruhi produksi pangan dan ketahanan iklim.

Masalah lingkungan hidup seperti pengendalian pertumbuhan pada ekosistem akan membebani sumber daya alam dan menyebabkan bencana seperti banjir terutama saat musim hujan datang.

Baca Juga: Tuai Kecaman, Pelaku Pemukulan Kucing Hingga Tewas di Bekasi Berhasil Diringkus Polisi 

Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat yang cenderung tinggi dan sistem pengelolaan sampah yang belum mapan menjadi masalah utama bagi warga di wilayah perkotaan tak terkecuali Kota Bekasi.

Masalah tersebut akan terus bertambah seiring dengan jumlah penduduk yang mengalami peningkatan. Untuk itu diperlukan solusi cerdas agar penyelesaian masalah dapat lebih cepat dibanding pertumbuhannya.

Solusi cerdasnya yaitu dengan penerapan kolaborasi ekosistem kota yang diimplementasikan dalam konsep smart city.

Sejak tahun 2017, Pemerintah Kota Bekasi akan menerapkan aplikasi smart city tata kelola persampahan. Penerapan tersebut bertujuan untuk memperbaiki layanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: 3 dari 78 WNI Terinfeksi Virus Corona di Kapal Diamond Princess, Dubes Jepang: Kami dengan Senang Hati Membantu 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Pemkot Bekasi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X