Punya Motor 250-500 CC? Korlantas Polri Wajibkan Punya SIM C1

- 27 Mei 2024, 18:10 WIB
Ilustrasi SIM C1
Ilustrasi SIM C1 /PRFMNEWS

PATRIOT BEKASI - Korlantas Polri meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) jenis C1 yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor 250cc hingga 500 cc.

Dikeluarkanya SIM jenis C1 berdasarkan Peraturan Polri (Perpol) No. 5 Tahun 2021 yang di dalamnya menbahas perihal Penerbitan serta Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Lebih lanjut, peluncuran SIM C1 ini prosesnya dilaksanakan pada 27 Mei 2024 di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Hari ini kita launching SIM C1 dengan kompetensi untuk kendaraan 250cc ke atas atau sampai 500," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Perampokan Minimarket di Bekasi, Tiga Masih DPO

Aan menyampaikan bahwa diharapkan dengan diluncurkannya SIM C1 ini dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan pengemudi yang menjaga keselamatan.

Serta tujuan lainnya yakni menekan angka kecelakaan lalu lintas yang masih kerap terjadi.

Aan menyampaikan untuk mendapatkan SIM jenis C1 ini kompetensi yang diperlukan yakni skill ataupun keterampilan mengemudi pengendara yang memiliki kendaraan 250cc-500cc serta pengetahuannya dalam rambu-rambu lalu lintas.

Sementara menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirrigident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, syarat untuk membuat SIM C1 bagi pengendara yang ingin yakni sudah memiliki SIM C satu tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah