Salim Said Sebut Jokowi Terang-terangan KKN: Anaknya Cuma Punya Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota

26 Januari 2022, 19:06 WIB
Guru Besar Ilmu Politik, Prof Salim Said, menyebut Presiden Jokowi terang-terangan melakukan KKN, begini selengkapnya. /Tangkapan layar YouTube Akbar Faizal Uncensored

PR BEKASI - Salim Said, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) menyatakan kondisi partai politik di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bukan sebuah konsolidasi demokrasi.

Saat ini, dikatakan hampir 82 persen partai yang berada dalam parlemen merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi, bukan sebagai oposisi.

Melihat fenomena tersebut, Salim Said mengatakan penggabungan para partai hingga menjadi gemuk ini merupakan konsolidasi kekuatan Jokowi.

"Untuk proses politik Indonesia, menurut saya, itu bukan konsolidasi demokrasi, itu lebih merupakan konsolidasi kekuatan Jokowi," katanya.

Baca Juga: Perjuangan Jonatan Christie untuk Jadi Atlet Bulutangkis, Bangun Jam 3.00 Pagi untuk Latihan sejak SD

Dia menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut makin kuat, dan hal ini terbukti dengan terpilihnya keluarga Jokowi sebagai pemimpin daerah.

Di antaranya Gibran Rakabuming Raka yang kini menjadi Wali Kota Solo, serta menantunya yang menjadi Wali Kota Medan.

Menurut Salim Said, semua perolehan kursi kepala daerah tersebut tidak mungkin dapat diraih jika bukan karena posisi Jokowi yang kuat.

"Dan itu kan risikonya berat, apakah Jokowi bisa bertahan mempertahankan kekuatannya setelah dia mundur, selesai menjadi presiden?" ujarnya.

Baca Juga: Wasiat Dorce Gamalama Jadi Kontroversi, Denny Sumargo Minta Agar Sang Artis Multitalenta Dihormati

Dia mengatakan anak dan menantu Jokowi dapat menjadi Wali Kota Solo dan Medan disebabkan adanya dukungan dari partai-partai kekuatan politik.

Intelektual politik militer ini menyatakan ini bukan contoh yang baik bagi demokrasi di Indonesia.

Pasalnya, seperti tercatat dalam sejarah, Indonesia baru saja melakukan sidang MPR dengan keputusan melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Lah kok kita punya presiden (yang) KKN-nya terang-terangan. Anaknya yang cuma punya pengalaman jual martabak jadi wali kota," tuturnya, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Pakai Kalung Rp7 Miliar untuk Foto Kehamilan, Netizen Auto Sesak Napas: Pingsan Gue

Selain itu, kabar karier politik menantu Jokowi yang mengisi jabatan sebagai Wali Kota Medan pun tidak pernah terdengar.

"Itu bagi pendidikan politik Indonesia, konsolidasi seperti itu sangat melukai perjalanan demokrasi di Indonesia," tutur Salim Said.***

Editor: Akhmad Jauhari

Sumber: YouTube Akbar Faizal Uncensored

Tags

Terkini

Terpopuler