2021 Diperkirakan Masih Akan Terjadi Lonjakan PHK Akibat Pandemi, Begini Sikap KSPI

- 28 Desember 2020, 21:05 WIB
Massa dari Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) Cimahi melakukan orasi di salah satu pabrik di Kota Cimahi yang diduga belum membayarkan hak kepada buruh yang di-PHK, Selasa 6 Oktober 2020.
Massa dari Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) Cimahi melakukan orasi di salah satu pabrik di Kota Cimahi yang diduga belum membayarkan hak kepada buruh yang di-PHK, Selasa 6 Oktober 2020. /BUDI SATRIA/PRFM

PR BEKASI - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melihat pandemi Covid-19 ini masih akan memberikan dampak besar bagi Dunia Ketenagakerjaan, terlebih lagi buruh itu sendiri.

Lebih lanjut KSPI memaparkan secara umum, dampak itu bisa dalam bentuk pengurangan jam kerja ataupun sampai kepada pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selaku Presiden KSPI Said Iqbal membeberkan, Covid-19 ini sangat berdampak dengan puluhan ribu buruh terkonfirmasi penyakit itu.

Baca Juga: KALEIDOSKOP 2020: 7 Bantuan Sosial dari Pemerintah untuk Masyarakat Selama Pandemi Covid-19

Bahkan, berdampak juga kepada pengurus serikat pekerja di seluruh Indonesia, dengan puluhan orang anggota dan pengurus KSPI di dalamnya terkonfirmasi meninggal karenanya.

"Angka positif Covid-19 di kalangan buruh meningkat tajam," ucap Said Iqbal dalam konferensi pers virtual "Catatan Akhir Tahun 2020 dan Outlook Perburuhan 2021" yang dipantau dari Jakarta pada Senin, 28 Desember 2020, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari Antara.

Sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini, menurut Said membuat produktivitas dari para pekerja jadi menurun karenanya.

Baca Juga: Waspada Penyebaran Varian Baru Covid-19, Jepang Terapkan Larangan Sementara Kunjungan Pelancong

Sebagian besar perusahaan pun masih mengurangi kapasitas produksi lantaran permintaan barang yang mengalami penurunan akibat daya beli masyarakat yang masih melemah.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x