Gelar Pesta Tanpa Prokes di Masa Pandemi, WNA Asal Rusia Dideportasi Imigrasi Bali

- 24 Januari 2021, 18:04 WIB
Petugas mengawal warga negara Rusia Sergei Kosenko (kiri) saat akan dideportasi di kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu, 24 Januari 2021. /Antara Foto/ Fikri Yusuf/hp.

PR BEKASI - Seorang WNA asal Rusia bernama Sergei Kosenko dideportasi dari Indonesia karena kedapatan mengadakan pesta tanpa menerapkan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Warga Rusia tersebut dideportasi oleh Imigrasi Bali atas perbuatannya itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk dalan jummpa pers di Imigrasi Ngurah Rai, Bali, pada Minggu, 24 Januari 2021.

"Yang bersangkutan sempat viral karena melakukan aksi berbahaya dengan terjun ke laut sambil mengendarai sepeda motor. Namun setelah dilakukan pengecekan, Sergei juga pernah melakukan pesta tanpa prokes saat pandemi," ucap Jamaruli.

Baca Juga: Sebut Jokowi dan PDI-P Rasis pada Orang Papua, Natalius Pigai: Mau Bantah?

"Jadi dari keimigrasian, untuk aksi tersebut tidak melanggar, melainkan pengadaan pesta itu yang justru melanggar keimigrasian," katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Minggu, 24 Januari 2021.

Setelah melakukan pengecekan data perlintasan, Jamaruli menjelaskan bahwa Sergei masuk ke wilayah Indonesia pada 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta dengan menggunakan visa kunjungan.

Diketahui dari data tersebut, yang awal mulanya kunjungan Sergei berlaku sampai dengan tanggal 29 Desember 2020, telah diperpanjang sampai dengan tanggal 28 Januari 2021.

"Dari data keimigrasian tercatat alamat Sergei Kosenko di Jalan Siligita Nusa Dua, namun yang bersangkutan mengaku tidak pernah mengetahui dan tidak pernah tinggal di alamat tersebut," ucapnya.

Baca Juga: Bongkar Cerita ‘Kelam’ Pendidikan di Indonesia Terhadap Orang Islam, Mahfud MD: Kita Protes Keras

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X