Soroti TWK Pilih Agama atau Pancasila, Romo Magnis: Yang Membuat Pertanyaan Tak Punya Sifat Pancasilais

- 19 Juni 2021, 19:20 WIB
Budayawan sekaligus rohaniwan Katolik, Franz Magnis Suseno mengaku bingung dengan pertanyaan lebih memilih agama atau Pancasila dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK.
Budayawan sekaligus rohaniwan Katolik, Franz Magnis Suseno mengaku bingung dengan pertanyaan lebih memilih agama atau Pancasila dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK. /Dok. Katolik News

PR BEKASI – Pertanyaan lebih memilih agama atau Pancasila dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK mendapatkan sorotan dari budayawan sekaligus rohaniwan Katolik, Franz Magnis Suseno atau Romo Magnis.

Pria yang lebih akrab disapa dengan nama panggilan Romo Magnis tersebut mengaku bingung dengan pertanyaan dalam TWK tersebut.

Hal tersebut dikatakannya dalam sebuah webinar dengan tema Pancasila: Tandingan Agama atau Etika Kebangsaan? yang digelar pada Sabtu, 19 Juni 2021.

Baca Juga: Soal TWK KPK Pilih Al Quran atau Pancasila, Musni Umar: Ini Upaya untuk Diskriminasi Umat Islam

"Misalnya, saya ditanya pilih ajaran Katolik atau Pancasila, itu pertanyaan apa?" kata pria kelahiran Polandia 85 tahun yang lalu tersebut, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Menurut Romo Magnis, dengan adanya pertanyaan seperti itu malah dapat membuat kesetian warga Indonesia terhadap Pancasila memudar.

Hal tersebut dikarenakan pertanyaan tersebut memberi kesan bahwa salah satu diantara pilihan tersebut lebih baik.

Baca Juga: Tanya Pilih Al-Quran atau Pancasila ke Netizen, Husin Shihab Kasihan pada 75 Pegawai KPK yang Tak Bisa Jawab

Tak hanya itu, Romo Magnis juga mengatakan bahwa pembuat pertanyaan memilih agama atau Pancasila tersebut tidak memiliki sifat Pancasilais.

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X