Pemerintah ‘Nunggak’ Bayar Klaim Covid-19 ke RS Sebesar Rp22,08 T, Suryo Prabowo: Jokowi Perlu Tahu

- 21 Juli 2021, 19:55 WIB
Petugas tenaga kesehatan membawa tempat tidur pasien yang telah dibersihkan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (30/6/2021). Pihak RSUD Cibabat menutup sementara pelayanan IGD bagi pasien akibat terus bertambahnya jumlah tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 serta mulai berkurangnya ketersediaan oksigen medis.
Petugas tenaga kesehatan membawa tempat tidur pasien yang telah dibersihkan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (30/6/2021). Pihak RSUD Cibabat menutup sementara pelayanan IGD bagi pasien akibat terus bertambahnya jumlah tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 serta mulai berkurangnya ketersediaan oksigen medis. /ANTARA FOTO/Novrian Arbi

PR BEKASI – Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Johanes Suryo Prabowo menyoroti kabar bahwa pemerintah masih memiliki tunggakan klaim kepada rumah sakit.

Dalam kabar tersebut disebutkan bahwa nominal tunggakan klaim kepada rumah sakit mencapai Rp22,08 triliun untuk perawatan pasien Covid-19.  

Kabar pemerintah masih memiliki tunggakan kepada RS itu disampaikan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rita Rogayah. 

 

Baca Juga: Viral Dua Pria Nekat Hirup Napas Pasien Positif Covid-19, Suryo Prabowo: Bodohnya Tingkat Dewa

Adapun tunggakan tersebut terdiri dari klaim RS yang telah mengantongi verifikasi BPJS Kesehatan atau Berita Acara Hasil Verifikasi (BAHV) dan klaim yang mengalami dispute (permasalahan) sehingga belum lolos verifikasi. 

"Yang kami sebut tunggakan adalah yang layanan sudah lewat dan ditagihkan tahun berikutnya, dari ini kami dapatkan angka BAHV BPJS Kesehatan totalnya Rp12,01 triliun dan BAHV dispute Rp10,07 triliun," kata Rita Rogayah dalam Keterangan Pers Update Klaim Rumah Sakit, Rabu, 21 Juli 2021. 

Terkait hal tersebut, Johanes Suryo Prabowo memberikan komentar melalui cuitan di akun Twitternya. 

Baca Juga: Politisi PAN Tak Ingin Dengar Lagi Anggota DPR Tak Dapat Ruang ICU, Suryo Prabowo: Emang Elu Siapa Bung?

Halaman:

Editor: Puji Fauziah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X