Tema dan 5 Pilar yang Akan Diperjuangkan Indonesia Selama Jadi Presidensi G20

- 15 September 2021, 21:10 WIB
Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Presidensi G20 untuk periode 2021-2022 dari dengan membawa 5 pilar prioritas agenda.
Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Presidensi G20 untuk periode 2021-2022 dari dengan membawa 5 pilar prioritas agenda. /BPMI Setpres/dok. BPMI Setpres

PR BEKASI - Indonesia ditunjuk untuk pertama kalinya menjadi Presidensi G20 untuk periode kepemimpinan 2021-2022 sejak pertama kali didirikan tahun 1999.

Tongkat estafet presiden G20 akan diberikan Perdana Menteri Italia kepada Presiden Jokowi saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Roma, Italia nanti pada akhir Oktober 2021.

Nantinya, Indonesia telah menyiapkan 5 pilar prioritas agenda untuk diperjuangkan di KTT G20 dengan tema yang dibawa yakni Recover Together, Recover Stronger atau "pulih bersama dan pulih lebih kuat".

Baca Juga: Hadir di KTT G20, Sri Mulyani Bahas Akses Vaksin Covid-19, Relaksasi Pinjaman, dan Penundaan Utang 

Pilar pertama yakni peningkatan produktivitas untuk pemulihan atau promoting productivity, kedua yakni increasing resiliency and stability atau membangun ekonomi dunia yang tangguh pascapandemi, ketiga ensuring sustainabilty and inclusive growth atau menjamin pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Pilar keempat yakni enabling environment and partnership. Pilar ini menciptakan lingkungan kondusif dan kemitraan dengan pemangku kepentingan.

Pilar terakhir, forging a stronger collective global leadership yakni mengenai kepemimpinan kolektif global untuk memperkuat solidaritas.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Dirinya jadi Pemimpin KTT G20, Airlangga Hartarto: Kesempatan Bagus bagi Indonesia

Hal itu dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terkait status dan peran baru Indonesia per 1 November 2021.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X