Kamis, 20 Februari 2020

Potensi Kerugian Akibat Virus Corona Rp 38,2 Triliun, Menparekraf: Kontribusi Kunjungan Wisatawan Tiongkok Tinggi

- 12 Februari 2020, 21:03 WIB
Bandara di Indonesia dihimbau memperketat pengawasan untuk kedatangan pengujung dari Tiongkok menggunakan thermal scanner.*

PIKIRAN RAKYAT - Potensi kerugian di sektor pariwisata akibat serangan virus Corona mencapai 2,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 38,2 triliun. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubadio di Jakarta pada Rabu, 12 Februari 2020.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara namun menurutnya angka tersebut belum pasti, karena bisa diketahui rugi atau tidaknya jika virus corona tersebut sudah berhenti.

“Karena ini kan masih bergerak, kita bisa tahu ruginya berapa kalau corona udah berhenti kalau kita average setahun dari China saja dengan dua juga jumlah wisatawan kan sudah 2,8 miliat dolas AS kerugian misalnya,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Tak Langgar HAM Tolak Kepulangan Eks ISIS

Dirinya melanjukan, angka tersebut jika dihitung dari kunjungan jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia seama satu tahun di mana rata-rata mencapai dua juta wisatawan mancanegara.

“Jadi, memang ini mengukurnya tidak sesederhana kalau sudah semua selesai, tapi yang kita tahun China wisatawannya dua juta, artinya kalau diterjemahkan ke devisa 2,8 miliar dolar AS, tinggal hitung aja nanti berapa lama masa virus berkembang,” katanya.

Potensi kerugian tersebut menurutnya karena pada masa-masa Februari hingga Maret biasanya para wisatawan tengah memesan pesawat atau pun hotel untuk persiapan liburan musim panas.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Penurunan Kemiskinan dan Stunting pada 2024

“Ini juga akan punya dampak, kalau misalnya virus corona ini April selesai, itu imbasnya ke liburan musim panas,” ungkapnya.

Akan tetapi, ia melanjutkan, angka pasti kerugian bisa dihitung setelah dampak virus corona selesai, tetapi setelah itu juga masih terdampak efek sampingnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X