Kamis, 20 Februari 2020

Tingkatkan Konektivitas Antardesa, Kementerian PUPR Anggarkan Jembatan Gantung di Tahun 2020 Senilai Rp 710 Miliar

- 13 Februari 2020, 14:44 WIB
Kementeria PUPR akan tingkatkan konektivitas antar desa melalui jembatan gantung PUPR

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jembatan gantung sebagai penghubung antardesa.

Dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR RI oleh Pikiranrakyat-bekasi.com selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga diharapkan dapat menggerakkan potensi ekonomi pedesaan sebagai objek wisata.

Adanya jembatan gantung, sebagai salah satu wujud kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur daerah pedesaan terutama yang sulit dijangkau sehingga lebih terbuka.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Tidak Ada Kasus Virus Corona di Jabar

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografi wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai.

Lebih lanjut secara fisik kondisi ini kerap menjadi pemisah antara lokasi tempat tinggal penduduk dengan berbagai fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan.

“Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat pedesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” kata Basuki.

Baca Juga: Indonesia Angkat 3 Poin Utama dalam Sidang Dewan Keamanan PBB

Menurut Basuki, di tahun 2020, Kemenpupr melalui Direktorat Jenderal Bina Marga akan membangun sebanyak 148 unit jembatan gantung yang tersebar di seluruh Indonesia dengan anggaran sebesar Rp 710 miliar.

Sedangkan di tahun 2019 lalu, Kementerian PUPR juga telah membangun sebanyak 140 unit jembatan gantung di berbagai pelosok tanah air dengan anggaran sebesar Rp 608,69 miliar.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kementerian PUPR

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X