Kamis, 20 Februari 2020

WN Tiongkok Terjangkit Virus Corona Usai dari Bali, Dinkes: Tidak Terpapar di Bali

- 13 Februari 2020, 19:43 WIB
ILUSTRASI Bandara.*

PIKIRAN RAKYAT - Warga Negara asal Tiongkok berinisial Jin yang melakukan perjalanan ke Pulau Dewata dilaporkan terjangkit virus Corona (COVID-19), namun menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya mengatakan WN Tiongkok tersebut tidak terpapar wabah tersebut di Bali.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dirinya memberi alasan bahwa WN Tiongkok tidak terpapar di Bali karena dia sudah meninggalkan Bali pada 28 Januari, dan kemudian masuk ke Tiongkok.

“Setelah itu terkena (COVID-19-red) tanggal 5 Februari, artinya 8 hari setelah meninggalkan Bali. Masa inkubasi normal virus itu 3-7 hari," kata Suarjaya, di Denpasar Kamis, 13 Februari 2020.

Baca Juga: Hindari Virus Corona, Maskapai Garuda Indonesia Lakukan Tindakan Antisipasi

Suarjaya juga mengatakan, untuk kemungkinan kedua, jikapun dipakai masa inkubasi yang terpanjang atau terlama yakni 14 hari, di Bali hingga saat ini juga belum ada satupun kasus positif COVID-19 itu.

"Kalau toh dia (WN China tersebut red.) yang membawa virus dan saat di Bali masih masa inkubasi, mestinya di Bali ada dong kasus, buktinya sampai sekarang tidak ada kasus dan sekarang sudah hari ke-16, tidak ada yang terkena, Bali masih aman," ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya, sangat kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin WN Tiongkok itu terpapar atau menularkan COVID-19 itu di Pulau Dewata.

Baca Juga: Tak Ada Kasus Virus Corona Positif di Indonesia, Begini Alur Pemeriksaan Laboratorium Balitbangkes

Selain itu, dia menjelaskan, saat Jin berwisata ke Bali, WN Tiongkok ini tidak pernah menjalani observasi di RSUP Sanglah. Dapat diambil kesimpulan bahwa WN Tiongkok itu kemungkinan besar terinfeksi di negara asalnya.

Saat ini pihaknya sedang bekerja sama dengan instansi terkait juga melacak ke mana saja yang bersangkutan selama di Bali.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X