Kamis, 20 Februari 2020

Pendaftaran SNMPTN 2020 Telah Dibuka, Berikut Tips untuk Maksimalkan Peluang Lolos

- 14 Februari 2020, 23:12 WIB
ILUSTRASI Pendaftaran SNMPTN. LTMPT penpanjang pendaftaran registrasi hingga 9 Januari 2020.*.*

PIKIRAN RAKYAT – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih terus diminati hingga kini oleh para siswa SMA/K sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Alasannya beragam mulai dari fasilitas yang menunjang, biaya kuliah yang cukup terjangkau, hingga track record alumni kampus bersangkutan yang berhasil menjadi daya tarik.

Namun untuk bisa lolos di PTN impian, ada tahapan tes yang harus lebih dahulu ditaklukan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Baca Juga: DPR: Indonesia Dianugerahi Tanah Subur, Ketergantungan Impor Produk Pangan Harus Dikurangi

SNMPTN disebut juga sebagai gelombang satu karena merupakan jenis tes yang pertama diselenggarakan. Pendaftarannya dimulai sebelum siswa memasuki masa ujian nasional.

Banyak siswa yang menganggap SNMPTN adalah soal keberuntungan, bahkan tidak sedikit yang pasrah dan lebih fokus untuk persiapan jalur seleksi SBMPTN atau mandiri saja.

Padahal banyak upaya yang bisa dilakukan siswa agar peluang lolos melalui jalur SNMPTN lebih besar. Siswa dapat mempersiapkannya bahkan sejak hari pertama masuk SMA.

Baca Juga: Percantik Feed Instagram dengan 4 Aplikasi Populer Gratis

Strategi selalu ada dan berlaku untuk urusan yang bersifat kompetisi, begitu juga dengan SNMPTN.

Berikut tips untuk dapat maksimalkan peluang lolos di SNMPTN 2020 yang dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dari berbagai sumber:

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X