Survei Indobarometer 100 Hari Kabinet Kerja, Nilai Kepuasan Publik untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin Bertolak Belakang

- 17 Februari 2020, 09:34 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat.*

PIKIRAN RAKYAT - Tak terasa, masa kerja Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sudah memasuki 100 hari untuk periode kepemimpinan 2019-2024.

Untuk itu, lembaga survei Indonesia Barometer mengungkapkan tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja 100 hari Presiden Joko Widodo tinggi.

Bahkan mencapai angka 70,1 persen yang terbagi ke 12,3 persen mengatakan sangat puas dan 57,8 persen mengatakan cukup puas.

Sedangkan sebanyak 27,4 persen dengan pembagian 25,1 persen mengatakan kurang puas dan 2,3 persen mengatakan tidak puas. Adapun sebanyak 2,6 persen mengatakan tidak tahu.

Baca Juga: Jelang Kompetisi Liga 3 Indonesia, Manajer Persikasi: Maret Tim Sudah Terbentuk 

loading...

Jika dibandingkan dengan periode pertama Joko Widodo, angka tersebut terbilang lebih besar. Pada Indobarometer 2015, tingkat kepuasan masyarakat kepada kinerja 100 Joko Widodo hanya di angka 57,5 persen sedangkan yang merasa tidak puas sebesar 37, 5 persen.

Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari mengatakan terdapat beberapa alasan masyarakat merasa puas dengan kinerja 100 hari Jokowi di periode kedua masa pemerintahannya ini, antara lain Jokowi menunjukkan kerja nyata, ketegasan, dan pengalaman.

"Dengan hasil ini, Jokowi punya modal lebih jauh dibandingkan 5 tahun lalu," kata M. Qodari sebagaimana dikutip dari PMJ News oleh Pikiranrakyat-bekasi.com.

Berbeda jauh dengan Jokowi, hasil survei kepuasan masyarakat atas kinerja 100 hari Ma'ruf Amin sebesar 49,6 persen terbagi ke 5,9 persen mengatakan sangat puas dan 43,7 persen mengatakan cukup puas.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: PMJ News

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X