Ingin Putus Rantai Kemiskinan, Muhadjir Effendy Sarankan Orang Kaya Nikahi Kalangan Menengah ke Bawah

- 21 Februari 2020, 10:29 WIB
MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajdjir Effendy.*

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy memberi fatwa orang kaya menikahi orang miskin. Dia menjelaskan usulannya itu adalah sebagai gerakan moral dan bukan suatu kewajiban.

Dirinya mengatakan, fatwa tersebut merupakan gerakan moral sebagai cara untuk memutus rantai kemiskinan.

“Fatwa kan artinya anjuran, saran, silakan saja. Saya kan minta ada semacam gerakan moral bagaimana memutus mata rantai kemiskinan itu,” kata Effendy.

“Antara lain supaya yang kaya tidak harus memilih-milih ketika mencari jodoh atau menantu harus sesama kaya, jadi gerakan moral saja, fatwa itu anjuran,” katanya menjelaskan.

Baca Juga: Jadi Korban Pengeroyokan, Wartawan Antara malah Ditetapkan sebagai Tersangka

Sebelumnya, Muhadjir mengatakan kepada Menteri Agama Fachrul Razi untuk menerbitkan fatwa perkawinan lintas tingkat perekonomian.

Sambil ia menyatakan ‘Mbok disarankan sekarang dibikin pak Menteri Agama ada fatwa yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin’.

Pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional di JIExpo, Kemayoran Jakarta pada Rabu, 19 Februari 2020.

“Enggak, enggak wajib, mana ada anjuran itu mengikuti begitu, cuma jangan dipelesetkan jadi wajib,” kata Effendy dikutip dari kantor berita Antara oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X