Ekspor Bahan Baku Farmasi Terhenti karena Virus Corona, Menkes Dorong Penggunaan Obat Berbahan Alami Indonesia

- 22 Februari 2020, 21:54 WIB
ILUSTRASI Obat-obatan.*

PIKIRAN RAKYAT - Akibat mewabahnya virus corona di Tiongkok, menyebabkan produksi bahan baku farmasi di Tiongkok terhenti sementara.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi Kemenkes oleh karena itu, Menteri Terawan Agus Putranto mendorong penggunaan obat modern yang diolah dari alam Indonesia untuk digunakan secara luas di masyarakat.

Dia menyadari bahwa obat modern asli Indonesia (OMAI) mempunyai manfaat yang sangat besar dan sangat baik. Selain itu menurutnya OMAI mempunyai efek samping yang sangat kecil, bahkan tidak ada efek samping.

Baca Juga: Meminum Kopi Baik untuk Diet, Simak Faktanya

“Jadi menurut saya ini potensi pasar yang luar biasa,” kata Terawan ketika berkunjung ke fasilitas Dexa, Cikarang, Jawa Barat pada Jumat, 21 Februari 2020 lalu.

Dirinya menginginkan agar penggunaan OMAI lebih banyak digunakan ketimbang obat hasil ekspor. Hal itu karena bahan baku yang merupakan asli Indonesia menunjukkan bahwa kebutuhan bahan baku terpenuhi.

Fakta itu menurutnya sangat penting, karena dengan penggunaan obat dengan bahan baku dari Indonesia bisa menekan harga obat menjadi lebih terjangkau.

Baca Juga: RUU Cipta Kerja Berikan Kemudahan Berusaha Semua Investor, Stafsus Presiden: Amdal Itu Memberatkan Pengusaha

Selain itu, Terawan juga mengatakan penggunaan obat yang diolah dari bahan baku yang ada di Indonesia tujuannya untuk menurunkan ketergantungan akan impor bahan baku obat dari negara lain.

“Untuk mencapai target mengurangi ketergantungan impor bahan baku dan alat kesehatan Kementerian Kesehatan akan melakukan percepatan dengan mendorong investasi bahan baku, produk obat, serta alat kesehata,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kemenkes RI

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X