Kemenkes Jelaskan Rencana Penjemputan ABK Diamond Princess hingga Warga Jepang yang Positif Corona Setelah Berkunjung ke Indonesia

- 26 Februari 2020, 11:53 WIB
Kapal Pesiar Diamond Princess NYPost NYPost

PIKIRAN RAKYAT – Kementerian Kesehatan RI hari ini melakukan penjemputan terhadap 188 WNI yang merupakan anak buah kapal pesiar World Dream di Selat Durian pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, Kemenkes juga mengumumkan informasi terbaru mengenai langkah yang diambil untuk menindaklanjuti WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal Diamond Princess.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dari akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan RI, menginformasikan kini 9 WNI yang merupakan anak buah kapal Diamond Princess dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jepang.

Namun kondisi WNI yang dinyatakan negatif virus corona kini masih berada di dalam kapal Diamond Princess dan nantinya akan dilakukan penjemputan.

Baca Juga: Bahasa Ibu Buat Persib Bandung, dari Bobotoh hingga Tukang Kebut 

Kemenkes menyampaikan mekanisme penjemputan terhadap WNI yang negatif virus corona. Pemerintah Indonesia akan mengutamakan prinsip kehati-hatian.

Berbeda dengan tahap observasi bagi 188 WNI di kapal World Dream, anak buah kapal Diamond Princess harus melalui tahap observasi selama 2 kali masa inkubasi.

Selain itu pemerintah akan menjemput mereka menggunakan Pesawat Garuda. Pesawat Garuda dipilih karena sebelumnya maskapai ini telah memiliki rute penerbangan ke Yokohama yang merupakan lokasi keberadaan kapal Diamond Princess sekarang.

Menyusul berita tersebut, Kemenkes juga menjelaskan kondisi terkini tentang seorang pria yang merupakan Warga Negara Jepang yang dinyatakan positif virus corona setelah berkunjung ke Indonesia.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kemenkes RI

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X