Pertanyaan Terjawab, Jokowi Beberkan Alasan Tidak Lakukan Lockdown di Indonesia

- 25 Maret 2020, 20:58 WIB
PRESIDEN Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi.* ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi virus corona sudah membuat banyak negara memutuskan untuk lockdown, kurang lebih ada 35 negara dengan alasan demi mencegah penyebarluasan virus corona yang masif.

Namun hingga kini, Indonesia belum menerapkan lockdown meskipun kasus terkonfirmasi sudah meluas ke berbagai daerah.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara, Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan mengapa ia tidak memilih untuk menerapkan lockdown.

Dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Merdeka pada Selasa 24 Maret 2020, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa tidak semua pemimpin negara bisa menerapkan lockdown untuk negara mereka masing-masing.

Baca Juga: Singgung Liburan Krisdayanti Ditengah Pandemi Virus Corona, Dokter Yusuf Tulis Surat untuk Jokowi 

loading...

"Perlu saya sampaikan, setiap negara memiliki karakter, budaya, kedisplinan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita tidak memilih jalan itu," ujar Jokowi.

Jokowi pun menjelaskan, bagi Indonesia yang paling pas untuk diterapkan di masa darurat virus corona ini adalah physical distancing atau jaga jarak aman antar manusia.

"Jadi yang paling pas di negara kita physical distancing menjaga jarak aman. Kalau hal itu bisa kita lakukan, saya yakin kita bisa mencegah penyebaran virus corona ini," katanya.

Namun, Jokowi mengakui bahwa hal itu tidaklah mudah untuk diterapkan di Indonesia.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X