Membaca Sepotong Kisah Persahabatan Bob Hasan dengan Soeharto dan Julukan Si Raja Hutan

- 31 Maret 2020, 18:47 WIB
LUKISAN wajah Bob Hasan dipajang di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa 31 Maret 2020. Pengusaha yang juga Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia serta mantan menteri perindustrian dan perdagangan era Orde Baru itu meninggal dunia pada usia 89 tahun.*

PIKIRAN RAKYAT - Bob Hasan, mantan menteri perindustrian dan perdagangan era Soeharto, meninggal dunia Selasa 31 Maret 2020 usai berjuang melawan kanker.

Sebelum menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan juga dikenal sebagai sahabat Soeharto, mantan presiden Indonesia yang terhitung menjabat dalam periode paling lama.

Persahabatan Bob Hasan dengan Soeharto dimulai ketika dia diadopsi Jendral Gatot Soebroto, Panglima Kodam IV/Diponegoro.

Bob Hasan lahir di Semarang tahun 1931 dengan nama Zheng Jiansheng. Dia merupakan anak pedagang tembakau sekaligus cucu imigran Tiongkok.

Baca Juga: Bangkit Lawan Dampak Virus Corona, Sesi I Pagi Perdagangan IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat

Bob Hasan sempat mengenyam bangku pendidikan di Belanda. Di sana, dia mulai berkenalan dengan sejumlah pengusaha Indonesia yang kerap berkunjung Amsterdam.

Pertengahan tahun 1950, Bob Hasan kembali ke Indonesia. Dia sempat menjadi pekerja kasar. 

Peruntungan Bob Hasan membaik saat ia mampu menjalin koneksi dengan beberapa perwira Kodam IV/Diponegoro. Di sanalah, awal mula Bob Hasan dijadikan sebagai anak angkat Jenderan Gatot Soebroto.

Perjalanan bisnis Bob Hasan di industri perkayuan dimulai dengan persahabatannya dengan Soeharto. Saat itu, Soeharto juga baru diangkat menjadi penggati Jenderal Gatot Soebroto sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X