BERITA BAIK, Tel-U dan LIPI Ciptakan Robot Disinfektan Ruang Isolasi Virus Corona

- 5 April 2020, 11:33 WIB
Robot disinfektan Buatan Telkom Antara

PIKIRAN RAKYAT - Tim dari Telkom University (Tel-U) berhasil membuat inovasi berupa Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) yakni alat yang bisa dimanfaatkan untuk desinfektan dan sterilisasi pada ruang isolasi pasien positif Virus Corona tanpa campur tangan manusia secara langsung sehingga dapat meminimalisir penularan Virus Corona.

"Robot ini rencananya akan diujicobakan di Rumah Sakit Pindad Bandung dan Wisma Atlet Jakarta," kata Rektor Telkom University Adiwijaya dalam siaran persnya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara.

Adiwijaya menyampaikan, Autonomous UVC (Ultra Violet Type C) Mobile Robot (AUMR) ini merupakan Robot AUMR pertama di Indonesia, sebelumnya alat yang serupa digunakan di beberapa negara salah satunya Denmark.

Baca Juga: Kemenkes: Bilik Disinfektan Tak Dianjurkan untuk Manusia, Bisa Timbulkan Iritasi

"Semoga alat ini bermanfaat untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia," ujarnya.

Dia mengatakan semakin meningkatnya kasus suspect dan positif virus corona di Indonesia, berbagai macam tindakan dilakukan oleh tim medis salah satunya adalah dengan melakukan isolasi pada suspect atau pasien positif COVID-19.

Disinfektan dan sterilisasi ruang isolasi juga sangat diperlukan untuk menghilangkan dan mengurangi kontaminasi mikroorganisme termasuk COVID-19 baik yang menempel pada benda seperti peralatan, lantai ataupun udara.

Baca Juga: Soal Pembebasan Napi, Yasonna Laoly: yang Tak Terima Sudah Tumpul Rasa Kemanusiaannya

Interaksi langsung tim medis terhadap pasien positif virus corona masih membuka peluang penularan yang sangat lebar.

Untuk mengurangi risiko penularan terhadap tim medis, diperlukan sebuah metode dan alat disinfeksi sterilisasi yang efektif secara jarak jauh (remote).

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X