Dampak Pandemi Corona, Angka Kriminalitas di Indonesia Turun Signifikan

- 10 April 2020, 06:57 WIB
ILUSTRASI Pistol.*

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi virus corona mempersempit ruang gerak sosial masyarakat.

Masyarakat mau tidak mau menaati peraturan pemerintah dengan mengkarantina diri sendiri di rumah. Namun ada imbas positif dari pandemi virus corona yakni menurunnya angka kriminalitas.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra mengatakan, secara signifikan, terjadi penurunan angka kejahatan, pelanggaran, serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara nasional akibat pandemi.

Baca Juga: Geluti Bisnis Pertanian, Pesantren di Bandung Kebanjiran Pesanan

“Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat secara umum, berdasarkan data evaluasi kondisi Kamtibnas sampai hari ini, alhamdulillah semua dalam kondisi kondusif,” tutur Asep sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi BNPB.

Asep menjelaskan, kejahatan yang terjadi pada pekan ke-13 tahun 2020 mencapai 4.197 sedangkan angka kejahatan minggu ke-14 berada di angka 3.743 atau berkurang 11.03 persen.

Sementara itu, terjadi penurunan angka pelanggaran 53,82 persen. Pada minggu ke-13 terjadi 301 pelanggaran, pada minggu ke-14 hanya 139 kasus.

Baca Juga: Saat Lockdown, Seorang Pria Berhasil Tempuh 263 Km dengan Berlari

Terkait kasus gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, terjadi penurunan 34,78 persen. Pada minggu ke-13 terjadi 69 kasus, pada minggu ke-14 berkurang menjadi 45 kasus.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: BNPB


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X