Salat Idulfitri di Atap, Kisah Unik Lebaran 2020 Para Perantau

- 24 Mei 2020, 15:44 WIB
SEJUMLAH perantau yang tinggal di Gang Kelinci, Pasar Baru, Jakarta Pusat, melaksanakan Salat Idulfitri 1441 Hijriah di teras atap rumah, Minggu 24 Mei 2020.*

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah perantau yang tinggal di Gang Kelinci, Pasar Baru, Jakarta Pusat, melaksanakan salat Idulfitri 1441 Hijriyah di teras atap rumah, Minggu 24 Mei 2020.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara, Minggu 24 Mei 2020, para perantau itu berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, dan Sumatra.

Mereka bekerja dari berbagai sektor di Jakarta. Perantau tersebut tidak bisa mudik karena pandemi virus corona serta aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Jakarta.

Salat Idulfitri berjemaah itu diikuti lima orang, satu orang sebagai imam dan satu orang lainnya didapuk sebagai penyampai khotbah Idulfitri.

Baca Juga: Bimbim Slank Dikabarkan Ucapkan Selamat Ulang Tahun kepada PKI, Simak Faktanya

"Setelah berpuasa selama 30 hari, tidak afdal rasanya bagi umat muslim untuk tidak melaksanakan Shalat Id," kata Fauzi Lamboka, perantau asal Palu, Sulawesi Tengah.

Fauzi mengatakan, salat Idulfitri sebagai puncak perayaan kemenangan setelah berpuasa dengan menahan lapar dan nafsu.

Menurut dia, walau dalam masa pandemi virus corona dan pemberlakuan PSBB di Jakarta, mereka masih bisa melaksanakan salat Idulfitri berjemaah sesuai anjuran pemerintah.

"Karena ukuran indekos yang kecil, kami mendapatkan tempat di roof top indekos yang bisa digunakan salat berjemaah dengan makmum lima orang," tutur Fauzi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Ferrari Lepas Vettel

5 Juli 2020, 22:24 WIB
X