Dukung Penerapan New Normal, PT KCI Keluarkan Aturan Baru Bagi Pengguna KRL

- 29 Mei 2020, 08:00 WIB
Rangkaian KRL Commuterline melintas di samping Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis 16 April 2020. - Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda/aww.

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar menggaungkan wacana penerapan skema "New Normal" di Indonesia.

Adapun daerah yang berpotensi menerapkan skema 'New Normal' itu disebutkan oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sebanyak 7 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Menanggapi persiapan sejumlah daerah yang akan menerapkan skema 'New Normal', PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menyiapkan sejumlah kebijakan baru yang berlaku bagi petugas frontliner maupun bagi para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL).

Baca Juga: Demi Bantu Tenaga Medis, Veteran Perang Dunia II Rela Lakukan Hal Ini untuk Kumpulkan Dana

Dikutip dari situs resmi KCI oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, kebijakan baru itu nantinya PT KCI tetap menjalankan protokol kesehatan pada moda transportasi publik, sebagaimana yang sudah berjalan selama ini.

Protokol kesehatan tersebut antara lain, seperti wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan physical distancing sesuai dengan marka-marka yang sudah terpampang di area stasiun dan di dalam kereta.

Untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna, pihak PT KCI akan melakukan penyekatan di sejumlah titik stasiun. Hal itu dilakukan agar jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali.

Baca Juga: Parlemen Tiongkok Setujui Proposal Pemberlakuan UU Keamanan Nasional Hong Kong yang Baru

Kemudian jika dirasa dibutuhkan, nantinya petugas juga akan melakukan sistem buka tutup pintu masuk stasiun.

Saat ini juga dikabarkan PT KCI telah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang sudah tersedia di dalam toilet. Hal itu dilakukan agar dapat dimanfaatkan pengguna KRL untuk mencuci tangan sebelum dan sesusah menggunakan KRL.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X