Pendatang Tidak Diwajibkan Lagi Bawa SIKM Saat Terbang ke Jakarta, Berikut Syaratnya

- 1 Juni 2020, 20:20 WIB
Seorang penumpang berjalan untuk memeriksa dokumennya di Bandara Soekarno Hatta di tengah wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Jakarta, Indonesia 21 Mei 2020.*

PIKIRAN RAKYAT - Menjelang lebaran kemarin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan aturan bagi para pendatang yang hendak keluar-masuk wilayah Jakarta harus menyertakan Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) sebagai syarat mutlak.

Aturan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020 tentang Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) yang menjadi dasar bagi penegak hukum dalam menghalau para pemudik.

Sementara bagi orang-orang yang ingin mendapatkan SIKM tersebut dapat dilakukan melalui laman resmi corona.jakarta.go.id atau bit.ly/SIKMJABODETABEK

Baca Juga: 5 Hari Terakhir Terjadi Kenaikan Kasus, DMI Jakarta Minta Salat Berjemaah di Masjid Kembali Digelar 

Namun, dalam kabar terbaru mengenai SIKM yang disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus menyatakan hal berbeda.

Dilansir PRFM News, Senin 1 Juni 2020, Kombes Pol. Yusri Yunus menyebutkan bahwa bagi warga luar Jakarta yang hendak ke ibu kota menggunakan jalur udara (pesawat) tidak diperlukan untuk mengurus SIKM.

Dengan catatan, kata Kombes Pol. Yusri Yunus, warga luar Jakarta tersebut melangsungkan perjalanan akhirnya bukan tepat ke wilayah Jakarta.

Dikatakan Kombes Pol. Yusri Yunus, nantinya pihak bandara akan mengarahkan warga luar Jakarta untuk melewati loket 1 dan 2. Setelah itu, akan diarahkan ke pemberangkatan bus daerah asal.

Baca Juga: Flare Besar Kembali Terjadi, Ilmuwan NASA Sebut Jadi Awal Baru Siklus Kehidupan Matahari 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X