Luhut Pandjaitan Klaim Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, New Normal Bisa Segera Diterapkan

- 3 Juni 2020, 14:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Foto: ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi/am.

PR BEKASI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim tren kasus COVID-19 di Indonesia terus menurun. Bahkan rata-rata sekitar 600 kasus per hari dalam tujuh hari terakhir.

Oleh karena itu menurutnya, rencana pemberlakuan tatanan new normal (normal baru) bisa dilakukan dengan rujukan data tersebut.

"Kalau mau melakukan new normal, kita tidak melakukan itu tanpa dasar. Semua kita lakukan dengan dasar angka atau data," katanya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Galamedia News Rabu, 3 Juni 2020.

Baca Juga: Buka Suara Terkait Kematian George Floyd, George W Bush: Saatnya untuk Mendengarkan

Luhut menjelaskan, rata-rata kasus Virus Corona atau COVID-19 dalam tujuh hari terakhir mencapai sekitar 600 kasus per hari.

Jumlah tes juga terus ditingkatkan menjadi 10.000 tes per hari dan terus didorong agar meningkat hingga 14.000-15.000 tes.

"Per 31 Mei, jumlah kasus COVID-19 ada 26 ribu kasus, fatality rate (tingkat kematian) sebesar 6,1 persen. Ini sudah menurun ya kalau saya tidak keliru. Demikian pula recovery rate (tingkat kesembuhan) 27,6 persen. Jadi semua angka ini membaik," tuturnya.

Baca Juga: IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Kompak Lanjutkan Penguatan

Luhut menambahkan kapasitas tes juga terus ditingkatkan hingga 15 ribu tes per hari karena reagen yang sudah tersedia. Begitu pula 28 laboratorium telah mulai beroperasi.

"Memang satu setengah bulan pertama kita alami banyak kendala," ucapnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Galamedia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X