Dilabeli Lagu Daerah, Dikabarkan Tidak Ada Satupun Suku Papua yang Akui Lagu Yamko Rambe Yamko

- 28 Juni 2020, 17:53 WIB
ILUSTRASI keragaman suku di Papua.*

PR BEKASI – Baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial mengenai asal-usul lagu Yamko Rambe Yamko yang kabarnya bukan berasal dari Provinsi Papua seperti yang selama ini diajarkan di sekolah.

Akun Twitter @PapuaItuKita menyebutkan bahwa masyarakat Papua sendiri tidak mengetahui suku asal lagu Yamko Rambe Yamko.

Begitu pula dengan tokoh ternama asal Papua Simon Patric Morin yang menyatakan lagu yang sudah sejak lama dilabeli pemerintah sebagai lagu asal Papua itu faktanya tidak ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa Yamko Rambe Yamko berasal dari Papua.

Baca Juga: Dalam 7 Bulan, Kasus Virus Corona Dunia Dekati Angka 10 Juta 

Komedian Satriaddin Maharinga Djongki alias Arie Kriting yang berasal dari wilayah Buton, Sulawesi Tenggara mengungkapkan rekan-rekannya yang terlibat dalam riset mengenai asal-usul lagu Yamko Rambe Yamko tidak menemukan literatur apa pun yang membuktikan lagu daerah tersebut berasal dari Papua.

“Saya menemukan fakta menarik bahwa orang-orang di Papua juga tidak tahu itu artinya apa dan tidak ada yang tahu itu bahasa apa. Tidak ada suku yang mengakui sampai sejauh ini lagu Yamko Rambe Yamko itu lagu dari daerah mereka,” tutur Arie Kriting melalui Instagram @arie_kriting dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com.

Arie Kriting mengaku selama ini juga ia menganggapnya lagu tersebut berasal dari Papua tetapi ia terkejut setelah melihat unggahan di Facebook yang mengungkapkan fakta yang berbeda.

Baca Juga: Pasien Positif Corona di Bekasi Tinggal 10, Keluar dari 5 Besar Kasus Tertinggi di Jawa Barat 

“Saya punya kakak itu Ibiroma Wamla, kakak Andi, dia menyatakan bahwa tidak ada satupun sejarah literatur yang menyatakan bahwa lagu Yamko Rambe Yamko itu dari Papua. Dan sejauh ini tidak ada satu suku pun yang mengklaim bahwa lagu itu bahasa daerah mereka,” tuturnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X