Jokowi Marah dan Ancam Reshuffle Sejumlah Menteri, Berikut Analisis dari Pakar Mikroekpresi

- 29 Juni 2020, 14:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku jengkel pada kinerja Menteri dalam menanggulangi Covid-19 dalam Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni 2020, di Istana Negara, Jakarta.* /youtube.com/sekretariatpresiden

PR BEKASI - Beredar salah satu video yang menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memarahi para menterinya pada saat rapat kabinet yang digelar secara tertutup pada Kamis, 18 Juni 2020 di Istana Negara, Jakarta.

Video Jokowi tengah memarahi para menterinya tersebut diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Kabinet Minggu, 28 Juni 2020.

Kemarahan Jokowi diduga karena melihat kinerja para menterinya yang dinilai belum bisa bekerja secara maksimal dalam menangani pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia terutama selama tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Masih Bersitegang Sejak Agustus Lalu, Pakistan Tembak Drone Mata-mata India di Wilayah Sengketa

Jokowi pun mengatakan tak sungkan untuk melakukan reshuffle jajaran menterinya atau membubarkan lembaga.

Melihat kemarahan yang diluapkan Jokowi, Pakar Bahasa Tubuh dan Mikroekspresi Monica Kumalasari buka suara dan menganalisis hal tersebut.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Monica Kumalasari menganalisis gestur Jokowi berdasarkan lima kanal di antaranya ekspresi wajah, bahasa tubuh, suara, gaya verbal, dan terakhir konten.

Baca Juga: Jokowi Minta Menteri Tak hanya Bekerja Datar: Buat Terobosan Baru Atasi Covid-19!

Ekspresi wajah

Dari ekspresi wajah yang bersifat universal, dia menganalisis bahwa raut Jokowi sepanjang pembicaraan berlangsung memperlihatkan banyak kesedihan yang terlihat dari gerakan alis serta bibirnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X