Catat! Ini Tanggal Malam Nisfu Syaban 2023, Salah Satu Hari Paling Istimewa di Tiap Tahunnya

- 6 Maret 2023, 15:38 WIB
Simak jadwal ditetapkannya malam Nisfu Syaban 2023, berdasarkan penelitian dari pakar di Kantor Pusat Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional.
Simak jadwal ditetapkannya malam Nisfu Syaban 2023, berdasarkan penelitian dari pakar di Kantor Pusat Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional. /Pixabay/mohamed_hassan

PATRIOT BEKASI - Menjelang Bulan Ramadhan 2023, malam Nisfu Syaban adalah salah satu hari yang sangat dinantikan oleh umat Islam.

Sebab, pada malam Nisfu Syaban para kaum Muslim kerap menyambutnya dengan beribadah di sepanjang malam tersebut.

Saat malam Nisfu Syaban, terdapat beberapa amalan yang biasa dilakukan seperti sholat sunnah, membaca surah-surah, serta berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Untuk mengetahui kapan tibanya malam Nisfu Syaban 2023, simak ulasan berikut ini sebagaimana dilansir dari laman resmi brin.go.id yang dikutip PatriotBekasi-pikiranrakyat.com.

Baca Juga: Mercedes Benz akan Membangun Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik dengan Kapasitas 2,500 Ton

Menurut Andi Pangerang selaku pakar peneliti di Kantor Pusat Antariksa BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), bahwa malam Nisfu Syaban ditetapkan jatuh pada 7 hingga 8 Maret 2023.

Hal tersebut dilandasi berdasarkan pengamatan pada beberapa titik di Balai Rakyat Nahdlatul Ulama (NU) sejak 20 Februari 2023 lalu.

"Dapat disimpulkan bahwa Hilal tidak (belum) terlihat, sehingga bulan Rajab 1444 Hijriah digenapkan menjadi 30 hari. Jadi 1 Syaban 1444 Hijriah jatuh pada 22 Februari 2023," jelasnya dalam keterangan resmi kepada wartawan.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah