Dituding Sebar Hoaks tentang Jokowi, Ruslan Buton Dijatuhi Dakwaan Empat Pasal Alternatif

- 13 Agustus 2020, 21:15 WIB
Sidang perdana terdakwa Ruslan Buton digelar secara telekonferensi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis, 13 Agustus 2020. /Laily Rahmawaty/Antara / Laily Rahmawaty

PR BEKASI - Kasus penyebaran informasi hoaks dan ujaran kebencian yang dilakukan terdakwa Ruslan Buton dilaporkan kini telah memasuki babak baru.

Ruslan Buton dituding menyebarkan informasi hoaks dan ujaran kebencian terkait surat terbuka yang meminta Presiden Joko Widodo untuk mundur dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Ruslan Buton didakwa empat pasal alternatif yang dibacakan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Baca Juga: Bintang Mahaputra Nararya Fadli Zon dan Fahri Hamzah Tuai Pro Kontra, Pakar: Apa Pengorbanan Mereka? 

Sekadar informasi, dakwaan tersebut dibacakan dalam kesempatan sidang yang digelar secara telekonferensi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Kamis, 13 Agustus 2020.

"Dakwaannya berbentuk alternatif empat pasal. Satu perbuatan ada empat pasal yang dilanggar," ucap Ketua Tim JPU, Abdul Rauf.

Keempat pasal itu, disebutkan dia, di antaranya Pasal 45A ayat (2) jo, Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Selanjutnya Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 14 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana," ujar dia.

Terakhir, disebutkan Abdul Rauf, Pasal 15 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X