2030 Seluruh Armada Bus TransJakarta Siap Gunakan Bus Listrik

- 11 September 2020, 09:27 WIB
Sebuah bus listrik parkir di Jalan Medan Merdeka Selatan menunggu penumpang.
Sebuah bus listrik parkir di Jalan Medan Merdeka Selatan menunggu penumpang. /ANTARA/Ahmad Wijaya/am.

PR BEKASI - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengungkapkan bahwa Pemerintah DKI Jakarta memiliki target untuk mendistribusikan seluruh armada bus TransJakarta menggunakan bus listrik pada 2030.

Kendati demikian, hal itu harus dipikirkan kembali ketika bencana seperti wabah virus corona menyerang Indonesia, sehingga memerlukan adanya relaksasi program bus listrik.

Syarif menyebutkan bahwa DKI Jakarta memiliki target bahwa pada tahun 2030 seluruh armada TransJakarta sudah menggunakan bus listrik.

Baca Juga: Tampil Secara Khusus di KBS News 9, BTS Ceritakan Kesuksesannya Raih Posisi Pertama Billboard

Meski begitu, di tengah pandemi COVID-19, seluruh sendi perekonomian terkena dampak termasuk dengan rencana pengadaan bus listrik.

"Di tengah pandemi ini semuanya mengalami kontraksi ekonomi, dan kita juga harus menyesuaikan kondisi ekonomi di Jakarta, jadi semua itu kita tunda sementara," ungkap Syafrin Liputo dalam sebuah workshop bertema "Kesiapan Industri EV" yang digelar oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), Selasa, 8 September 2020, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Target itu tetap digaungkan oleh pemerintah daerah yang saat ini sedang berfokus dengan keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia untuk terbebas dari wabah Covid-19.

Baca Juga: Bantah Pensiun Dari MotoGP, Rossi Umumkan Kepindahannya ke Petronas

"Namun, target itu tidak dihilangkan, target itu tetap ada, tapi kami relaksasi program itu yang misalnya tahun ini sudah ada 100 bus yang beroperasi, karena COVID-19 kita harus sesuaikan lagi. Kita fokuskan APBD itu untuk penanganan COVID-19 dulu, untuk transportasi itu bisa setelah selesai penanganan COVID-19," kata dia.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x