11 PKL di Kawasan Malioboro Terpapar Covid-19, Tim Gugus Tugas: Belum Dapat Pastikan Asal Penyebaran

- 16 September 2020, 12:23 WIB
Penyemprotan disinfektan di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis, 10 September 2020. /ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz/

PR BEKASI – Pada awal September lalu Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi telah melakukan langkah blocking dan tracing pasca-meninggalnya salah satu pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro.

Kini terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di kawasan pedagang kaki lima Malioboro, kasus positif terus berkembang setelah ada tambahan satu pedagang yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

"Totalnya ada 11 temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Malioboro dengan satu pedagang yang meninggal dunia," kata Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu 16 September 2020, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Baca Juga: Mulai Tahun 2021, Produk BMW Akan Gunakan Perangkat Lunak 'Rahasia' Buatan Israel

Meskipun demikian, lanjut dia, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta belum dapat memastikan apakah 11 kasus terkonfirmasi positif yang ditemukan di pedagang kaki lima Malioboro tersebut berasal dari sumber penularan yang sama.

"Saat ini, kami masih lakukan penelusuran dari mana pedagang ini terpapar virus. Apakah dari kasus pertama yang muncul di Malioboro atau dari kasus lain. Kami masih 'tracing' dan telusuri kasusnya," katanya.

Dari kasus terkonfirmasi positif kemudian dilakukan penelusuran terkait dengan kontak erat setiap pasien.

Baca Juga: Sepakat dengan Budi Hartono, APINDO: PSBB Anies Baswedan Buat Ekonomi Indonesia Kolaps

"Saat ini pun, proses tracing terus dilakukan. Jumlahnya cukup banyak karena tracing kemudian diperluas. Tidak hanya dengan kontak erat tetapi juga pedagang lain secara acak," katanya.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X