Diakui Dunia, Siti Nurbaya Ungkap 3 Kekuatan Indonesia dalam Capaian Pelestarian Lingkungan Hidup

- 17 September 2020, 12:32 WIB
Politisi partai Nasdem yang juga mantan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. /ANTARA/

PR BEKASI – Berbagai kebijakan yang merupakan langkah dan upaya pemerintah Indonesia dalam membangun lingkungan hidup selama beberapa tahun terakhir disebut telah membuahkan hasil dan mendapatkan pengakuan internasional.

Keberhasilan tersebut salah satunya yakni menekan emisi gas rumah kaca (GRK). Alhasil, Indonesia mendapatkan pendanaan dari pemerintah Norwegia sebesar Rp840 miliar Green Climate Fund (GCF) sebesar 103 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp1.545 miliar.

Terkait capaian ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pelestarian hidup.

Baca Juga: Kampanye ‘Semua Rp1’, ShopeePay Dorong Adopsi Transaksi Contactless dengan Lebih dari 8 Juta Voucher

Sebagaimana intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pemerintah memastikan ketersediaan lingkungan hdup yang baik bagi masyarakat.

"Indonesia berbekal tiga kekuatan dalam membangun lingkungan hidup dan kehutanan yaitu kekuatan moral, intelektual, dan perdanaan. Sehingga mampu mewujudkan visi pelestarian lingkungan," kata Siti dalam pertemuan virtual antarmenteri lingkungan hidup negara anggota G20 pada Rabu, 16 September 2020, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, lanjut dia, pemerintah Indonesia telah melakukan moratorium penerbitan izin baru mengenai pemanfaatan hutan alam primer dan lahan gambut sejak 2011.

Baca Juga: Hasil Penelitian Terbaru Ungkap Orang yang Menggunakan Kacamata Lima Kali Lebih Kecil Tertular Covid

Pemerintah Indonesia juga terus berupaya untuk meningkatkan pemulihan lanskap hutan dan juga akselerasi program perhutanan sosial, serta meningkatkan efektifitas pengelolaan konservasi.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X