Catat, Ini Syarat Membuat SIM C1 Motor 250-500cc

- 28 Mei 2024, 08:45 WIB
 Polri mulai tahun ini meluncurkan SIM C1. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (ketiga dari kiri), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ketiga dari kanan) dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto (kedua dari kanan) saat launching SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya, Jakarta Bar
Polri mulai tahun ini meluncurkan SIM C1. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (ketiga dari kiri), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ketiga dari kanan) dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto (kedua dari kanan) saat launching SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya, Jakarta Bar /

PATRIOT BEKASI - Korlantas Polri resmi menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk motor 250-500cc.

Adapun syarat untuk memiliki SIM C1 yakni harus mempunyai SIM C biasa paling tidak selama satu tahun, kemudian baru mengajukan pembuatan SIM C1.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan keterangan tersebut secara langsung ketika peluncuran SIM C1 yang digelar di Satpas SIM Daan Mogot, DKI Jakarta, pada Senin, 27 Mei 2024.

Acara peluncuran itu pun turut dihadiri oleh Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunis, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, serta Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto.

Baca Juga: OPPO Find X8 hingga Realme GT6Pro akan Pakai Baterai 6000 mAh, Gunakan Chip Snapdragon 8 Gen 4?

Lebih lanjut, pada kesempatan yang sama Aan menyatakan bahwa pemberlakuan SIM C2 rencananya akan dilakukan Korlantas tahun depan.

SIM C2 tersebut untuk kendaraan roda dua denga kapasitas motornya yakni 500 cc ke atas.

“Syaratnya salah satunya adalah satu tahun memiliki SIM C, nanti berikutnya setahun yang akan datang, kita akan launching C2, ini 500 CC ke atas,” ujar Aan Suhanan dikutip Patriot Bekasi.

Selain itu, ditambahkan Aan, bahwa penerbitan SIM C1 sudah mulai berlaku di Satpas seluruh Indonesia, dimana pemberlakuan SIM C1 didasarkan pada amanat Peraturan Polri 05 2021.***

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah