Perangi Hoaks Covid-19, Menkominfo Hubungi Pejabat Eksekutif Platform Media Sosial

- 18 Oktober 2020, 16:16 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. /ANTARA/HO Biro Humas Kominfo/pri/

PR BEKASI – Para pejabat eksekutif platform media sosial telah dihubungi untuk memerangi hoaks, termasuk mengenai Covid-19 di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, di sela pemaparan Temuan Survei Nasional dari Indikator Politik Indonesia bertajuk 'Mitigasi Dampak Covid-19' secara daring, Minggu, 18 Oktober 2020.

"Hampir semua pimpinan, pemilik, atau eksekutif dari platform media sosial, saya sudah hubungi yang di Amerka Serikat," ujarnya, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Baca Juga: Bamsoet Apresiasi Prabowo yang Tidak Pernah Perkarakan Fadli Zon dalam Mengkritisi Jokowi

"Terakhir yang saya berbicara dengan Susan Wojcicki, CEO Youtube, yang memberikan komitmen kuat di grupnya, untuk bersama-sama mengatasi Covid-19 dalam ruang digital, atau hoaks di Indonesia," tutur Johnny G. Plate melanjutkan.

Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) bersama YouTube, sudah menyatakan kesepakatan mengenai arti penting kerja sama penanganan konten untuk melawan disinformasi atau hoaks, pada bulan Juni lalu.

Lebih lanjut, Johnny G. Plate mengungkapkan mengenai temuan terkini hoaks Covid-19, Kemenkominfo menemukan 1197 isu disinformasi.

Baca Juga: Jangan Kaget Saat Datang ke TPS, KPU Siapkan Petugas Khusus dengan APD Lengkap

Isu disinformasi tersebut tersebar di empat platform digital, dengan sebaran sebanyak 2020, dan sekitar 1759 di antaranya sudah diblokir.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X