Pemerintah Diminta Terbuka Soal Kandungan Vaksin, MUI: Diungkap untuk Hindari Keresahan Masyarakat

- 18 Oktober 2020, 18:46 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. /SciTech Daily

PR BEKASI – Pemerintah diminta menjelaskan secara terbuka mengenai isi kandungan vaksin Covid-19 kepada masyarakat, sebelum diedarkan.

Hal itu disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangka Raya, melalui ketua MUI Palangka Raya KH Zainal Arifin, dalam keterangannya, Minggu, 18 Oktober 2020.

Dia mengatakan bahwa tujuan penjelasan tersebut, agar umat Islam di sejumlah daerah bersedia dan percaya terhadap vaksin. Sehingga menghindari keresahan.

Baca Juga: Unik! Pesawat AlbatrossONE Resmi Meluncur dengan Sayak Mengepak Seperti Burung

"Sebelum diluncurkan, pemerintah harus secara jelas menyampaikan apa saja isi kandungan, terbuat dari bahan apa, jangan ada yang ditutup-tutupi," ujar Kiai Zainal, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari RRI.

"Karena sekecil apapun bahan baku yang haramkan secara agama, maka umat Islam secara tegas akan menolaknya," ucapnya menambahkan.

Untuk itu, setelah keluar hasil dari pengujian klinis, perlu ada keterbukaan antara pemerintah dan masyarakat terkait vaksin.

Baca Juga: Waspada! Pekan Depan Curah Hujan Meninggi Akibat La Nina, BMKG Prediksi Wilayah Ini Akan Terdampak

"Pihak terkait perlu secara gencar melakukan sosialisasi bersinergi dengan para penyuluh, agar masyarakat tambah percaya," tutur Kiai Zainal.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X