Viral Tambal Ban di Banyuwangi Capai Rp 600.000, Pemilik Bengkel Beri Penjelasan

- 7 Juli 2020, 10:28 WIB
Bon tambal ban yang viral karena mahalnya yang lokasi kejadian berada di Banyuwangi, Jawa Timur.* /RRI/

PR BEKASI - Salah satu syarat aman dan nyaman dalam berkendara adalah memastikan tekanan angin pada ban normal sebelum mulai melakukan perjalanan.

Namun jika kondisi ban kurang nyaman, maka Anda perlu untuk menambahkan angin ke bengkel atau tukang tambal ban. Jika hanya sekadar ditambal maka biaya yang dikeluarkan mungkin akan kurang dari Rp 5.000 per ban.

Namun belakangan ini viral di media sosial mengenai unggahan kwitansi tambal ban yang harganya mencapai Rp 600.000.

Baca Juga: Perjalanan Wisata Bali Kembali Dibuka, Penuhi 6 Syarat Berikut Ini  

Diketahui bahwa tempat tambal ban tersebut berada di Dian Tubles, Jalan dr Soetomo, Banyuwangi, Jawa Timur. Namun bukan tambal ban seperti biasanya karena menggunakan metode press silicone.

loading...

Dikutip dari RRI oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, Pemilik bengkel, Acey Sucahyono berkilah mahalnya harga karena menggunakan bahan impor dan keahlian khusus.

Proses press silicon pun diklaim dapat tahan hingga kondisi ban gundul dari sang pemilik rupanya cukup rumit. Proses press silicon yang dilakukannya sangat beda dengan penambalan ban baik tubeless maupun press lain.

Ia mencontohkan jika ada kebocoran ban karena paku besar tidak bisa di-tubeless maka wajib di-press silicon.

Awalnya, ban yang dalam keadaan rusak tersebut harus diberi soda api. Setelah itu di-blower agar kering. Bekas kerusakan kemudian digerinda untuk membuat luka ban agar mudah merekat jika ditempel lem dan di-press dengan suhu panas.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X