Laboratorium Milik IPB Siapkan Uji Spesimen Corona untuk Kota Bogor

- 10 April 2020, 19:11 WIB
IPB siapkan lab untuk uji spesimen swab test pasien Covid-19.*

PIKIRAN RAKYAT – Laboratorium Collaborative Research Center milik Institut Pertanian Bogor (IPB) akan segera beroperasi.

Laboratorium ini ditujukan sebagai lokasi uji diagnostik virus corona di Kota Bogor sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Bogor sebelumnya.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan laboratorium tesebut sangat dibutuhkan guna membantu percepatan proses uji spesimen tes swab.

Selama ini, spesimen swab test warga Kota Bogor tidak bisa dilakukan di wilayahnya melainkan harus dikirim ke Jakarta atau Bandung karena 2 kota tersebut telah memiliki laboratorium yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Di Hari Pemakamannya, Glenn Fredly Seharusnya Ikut Membuka Film Melankolia 

Dedie menilai jika uji spesimen swab test bisa dilakukan di Laboratorium Collaborative Research Center milik IPB maka misi percepatan penanganan virus corona di Bogor dapat berjalan efektif.

“Kalau laboratorium milik IPB menjadi tempat pengujian spesimen swab test maka waktu menunggunya bisa dikurangi sehingga penanganan kasus COVID-19 bisa lebih cepat,” tutur Dedie sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengungkapkan hal sama, ia yakin laboratorium tersebut bisa membantu mempercepat Pemerintah Kota Bogor mengendalikan penyebaran virus corona di wilayahnya.

Sri memaparkan sebelumnya spesimen swab test harus dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) milik Kementerian Kesehatan dan Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTLK-PP) di Jakarta atau Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat di Bandung.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Ringtimes Banyuwangi

Hujan

28 Mei 2020, 14:00 WIB
X