7 Kode Daur Ulang Plastik dan Artinya

- 22 Februari 2020, 16:39 WIB
ILUSTRASI air botol kemasan.* Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Peralatan rumah tangga atau jajanan yang berbahan dasar plastik rata-rata mempunyai logo daur ulang yang ada di bawah botol dan wadah plastik.

Tahukah Anda bahwa logo tersebut memiliki arti bagi keamanan penggunanya, terutama bagi kesehatan.

Setiap wadah plastik atau botol yang kita gunakan pasti memiliki simbol daur uang. Lambang daur ini adalah angka, dari 1 sampai 7 dalam segitiga panah.

Baca Juga: 4 Obat Flu Alami yang Mudah Ditemukan dalam Kehidupan Sehari-hari

Perlu Anda ketahui bahwa simbol-simbol tersebut dapat memberikan banyak informasi mengenai bahan kimia beracun yang digunakan dalam plastik, seberapa besar kemungkinan plastik mencemari lingkungan, bagaimana bio-degradable (penguraian) plastik, dan bagaimana keamanan plastik itu.

Umumnya terapat tujuh kode jenis plastik yang sering kita gunakan, simak kode daur ulang dan manfaatnya yang dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari berbagai sumber:

Polyethylene Terephthalate (PET/PETE)

Baca Juga: HPSN 2020 di Leuwigajah Ingatkan Longsor 15 Tahun Silam

Logo daur ulang angka 1 dengan tulisan PET/PETE ini biasanya dipakai untuk jenis botol yang jernis atau transparan seperti botol air mineral, botol jus, minyak goreng, kecap, sambal, dan lainnya.

Kemasan dengan kode segitiga nomor 1 ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja, karena jika lebih dari itu apabila botol diisi ulang dengan air hangat akan mengeluakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X