Sempat Laris di Pasaran di Tengah Virus Corona, Plague Inc Kini Sudah Diblokir oleh Pemerintah Tiongkok

- 28 Februari 2020, 20:14 WIB
Game Plague Inc jadi laris setelah merebaknya virus corona di Tiongkok. Google Play

PIKIRAN RAKYAT - Permainan simulasi infeksi Plague Inc sempat laris manis di pasaran kini telah diblokir dan dihapus dari toko aplikasi Tiongkok.

Sebelumnya selama dua bulan terakhir, permainan tersebut sempat menjadi populer saat merebaknya virus corona.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Technode, penghapusan permainan Plague Inc ini memperlihatkan keseriusan pemerintah Tiongkok dalam mengelola persepsi publik terhadap virus corona.

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer Yakin Timnya Tidak Akan Menyerah di Eveton seperti Musim Lalu

Pemerintah Negeri Tirai Bambu dikenal dalam pelarangan konten dan game dewasa ditambah pesan sensitif atau tersembunyi secara politis.

Game tersebut kini tak tersedia lagi pada versi Tiongkok di Appstore dan Google Play sejak Kamis, 27 Februari 2020. Namun, game ini masih tersedia di Steam.

Ketika game simulasi infeksi menjadi populer, pengembang meminta para pemain untuk tetap membedakannya dengan kenyataan yang terjadi.

Baca Juga: Virus Corona Masih Mewabah, 1.668 WNI Masih Bertahan di Tiongkok

"Harap diingat bahwa Plague Inc. adalah permainan, bukan model ilmiah, sementara wabah virus corona saat ini adalah situasi yang sangat nyata yang berdampak pada sejumlah besar orang," kata pengembang Ndemic Creations.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh Pikiran-Rakyat.com, Plague Inc. adalah game simulasi strategi yang mengundang pengguna untuk membuat dan mengembangkan patogen untuk mengambil alih populasi manusia, sebelum manusia datang dengan penyembuhan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Technode

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X