Studi Terbaru: Pasien Sembuh Covid-19 Masih Bisa Menularkan Hingga Tiga Minggu Kemudian

- 24 Mei 2020, 12:14 WIB
PARA pejalan kaki di Beijing, Tiongkok, tidak lagi menerapkan physical distancing.*

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang telah dinyatakan pulih dari Covid-19 dan sudah dikembalikan dari rumah sakit masih dinyatakan berstatus positif hingga tiga minggu kemudian, yang berarti masih dapat menularkan virus tersebut.

Temuan ini menguatkan bahwa para peneliti masih mempelajari tentang Covid-19, termasuk bagaimana itu mempengaruhi mereka yang terinfeksi dan bagaimana penyebarannya, kata Dr. M. Anthony Moody, seorang profesor pediatri dan imunologi di Duke University School of Medicine.

Dilansir United Press International oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com, ia mengatakan bahwa para ilmuwan seharusnya memiliki sikap skeptis karena menurutnya jika memiliki sikap seperti itu maka akan terus menemukan hal-hal yang baru.

Baca Juga: Usai Porak-Poranda Akibat Kebakaran Hutan dan Virus Corona, Australia Pulihkan Destinasi Pariwisata 

"(Tapi) ada implikasinya. Kita harus berhati-hati dalam menganggap orang yang telah pulih tidak dapat terinfeksi kembali," ucapnya.

Untuk penelitian mereka, para peneliti dari Hunan Normal University Tiongkok melacak 60 pasien dewasa dengan infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di Kota Loudi yang telah dipulangkan dari rumah sakit.

Semua pasien dikarantina di rumah selama 14 hari setelah keluar dari rumah sakit dan tidak satupun dari mereka memmiliki gejala penyakit.

Para peneliti menguji ulang usap pada tenggorokan dan hidup dari 60 pasien. Sepuluh dari 60 pasien dinyatakan positif Covid-19 hingga 24 hari setelah keluar.

Baca Juga: Kotak Hitam Pesawat Pakistan Ditemukan, Jumlah Korban 97 Jiwa Tewas dan 2 Orang Selamat 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: United Press International


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X