Bantah Adanya Virus Corona, WHO: Tak Satu Pun Masuki Korea Utara

- 19 Februari 2020, 19:43 WIB
ILUSTRASI bendera Korea Utara.*

PIKIRAN RAKYAT - World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Korea Utara bebas virus corona, meski berbagai media Korea Selatan telah melaporkan adanya infeksi yang memasuki negara terisolir secara politik itu.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Reuters WHO memprioritaskan bantuan untuk Korea Utara dengan memberikan pakaian pelindung dari penyakit, menyatakan bahwa virus corona belum sampai Korea Utara.

“Hingga kini tidak ada tanda-tanda bahwa kita menghadapi virus COVID-19 di sana,” ujar Dr. Mike Ryan, kepala program darurat WHO.

Baca Juga: ICW: Jabar Duduki Posisi Pertama Wilayah Paling Korupsi, Kerugian Negara Rp 612,6 miliar

Pernyataan dari WHO tersebut juga ditekankan oleh Rodong Sinmun, koran resmi pemerintah Korea Utara, yang mengutip pernyataan dari pejabat kesehatan publik bahwa hingga kini tidak ada kasus virus corona di dalam negeri itu.

COVID-19 merupakan nama resmi yang disematkan pada virus corona terbaru itu.

Para pejabat WHO merasa tidak ada permasalahan serius yang terjadi di Korea Utara terkait virus itu.

Baca Juga: Virus Corona Tewaskan Direktur Rumah Sakit yang Rawat Ribuan Pasien, Petugas Medis Akui Tak Bisa Terima Kenyataan

Para petugas dari WHO juga akan mengirimkan suplai laboratorium untuk digunakan sebagai alat uji infeksi virus corona.

Beberapa media Korea Selatan telah melaporkan beberapa kasus infeksi dan bahkan kematian yang disebabkan oleh virus corona di Korea Selatan, namun hingga kini belum ada verifikasi mengenai berita tersebut.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X