Gempa Bumi 6,1 Magnitudo Guncang Tuban, Getaran Dasyat hingga Jawa Timur

- 22 Maret 2024, 15:43 WIB
Peta pusat gempa bumi magnitudo 6.0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Tuban Jawa Timur Jumat 22 Maret 2024.
Peta pusat gempa bumi magnitudo 6.0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Tuban Jawa Timur Jumat 22 Maret 2024. /Tangkapanlayar Instagram @infobmkgjuanda/

PATRIOT BEKASI - Peristiwa gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,1 terjadi di Tuban, Jawa Timur Jumat, siang pukul 11.22 WIB.

Lebih lanjut, guncangan gempa bumi di Tuban ini dirasakan di wilayah Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur.

Dilansir Patriot Bekasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 5,79° LS dan 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur dengan Kedalaman gempa 10 Km.

Baca Juga: Viral Penistaan Agama di Grup Telegram, Pelaku Sudah Ditangkap tapi Status Masih Diperiksa

"Dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI atau getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangannya Jumat siang.

Dilaporkan bahwa gempa juga terasa di Jepara serta beberapa wilayah di Jawa Tengah, mulai Semarang sampai ke Yogyakarta. Wilayah yang warganya merasakan juga di Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya.

Daryono mengungkapkan bahwa gempa yang mengguncang Tuban pada jam 11.22 WIB tersebut diakibatkan aktivitas sesar aktif di Laut Jawa, dan jenis gempanya dangkal.

Di sisi lain, dilaporkan gempa bumi susulan sudah terjadi sebanyak delapan kali di Tuban.

Daryono menyampaikan bahwa gempa susulan ini terjadi secara berturut-tururt sejak Jumat siang jam 11.22 WIB sampai 13.31 WIB.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x