Italia Dikabarkan Sudah Temukan Obat Virus Corona, Simak Faktanya

- 29 Mei 2020, 09:00 WIB
ILUSTRASI. Peneliti mencari vaksin covid-19.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Tersiar kabar bahwa Italia sudah menemukan obat atau vaksin untuk mengobati Virus Corona dan mengakhiri masa pendemi.

Informasi itu beredar melalui aplikasi WhatsApp yang dengan judul 'Di ItaIia Obat untuk Coronavirus Akhirnya Ditemukan'. Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa penyebab kematian pada pasien COVID-19 bukan disebabkan oleh virus, tetapi dari bakteri.

Namun setelah ditelusuri, ternyata informasi itu adalah hoaks atau masuk dalam kategori DISINFORMASI.

Baca Juga: Viral, Video Ayah Berikan Anaknya kepada Petugas PSBB Diduga Lantaran Tak Mampu Beli Susu

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs Jakarta Lawan Hoaks Kamis, 28 Mei 2020, menelusuri kabar tentang bakteri yang menjadi penyebab kematian pada pasien positif COVID-19.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci 'italy found corona medicine'.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul 'Fact Check: Blood clot the main reason for Covid-19 death, claims conspiracy theory' yang ditayangkan situs indiatoday.in pada 25 Mei 2020.

Baca Juga: Demi Bantu Tenaga Medis, Veteran Perang Dunia II Rela Lakukan Hal Ini untuk Kumpulkan Dana

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa klaim serupa juga beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Berdasarkan penelusuran, klaim tentang COVID-19 disebabkan oleh bakteri adalah salah.

Hal ini disampaikan dr Sharad Joshi, ahli paru-paru senior di Rumah Sakit Max. Ia meminta masyarakat untuk merujuk pada studi Lancet tentang karakterisasi genom dan epidemiologi dari Virus Corona pemicu COVID-19.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X