Polemik Skandal Jiwasraya, Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Pembubaran OJK

- 11 Juli 2020, 14:39 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo //ig @bambang.soesatyo

PR BEKASI – Polemik skandal Jiwasraya hingga saat ini terus bergulir, bahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai oleh sejumlah kalangan turut terlibat.

Di tengah polemik skandal Jiwasraya tersebut, muncul wacana pembubaran OJK.

Wacana pembubaran OJK didukung oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sekaligus Wakil Ketua Umum Kamar Dagang (Kadin) Indonesia Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Hagia Sophia Beralih Status Jadi Masjid Lagi, UNESCO Sesalkan Keputusan Tanpa Diskusi Turki

Dalam keterangannya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara dirinya mendukung lembaga pengawas di pasar modal itu dibubarkan baik melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) maupun perangkat kebijakan lainnya.

"Skandal Jiwasraya hanyalah bagian kecil dari sengkarut yang menimpa OJK. Alih-alih menjadi pengawas yang kredibel dalam menjaga uang masyarakat yang berada di perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, penggadaian, dan lembaga jasa keuangan lainnya, OJK malah menjadi duri dalam sekam," ujarnya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara.

loading...

Politikus senior Partai Golkar itu menyebut bahwa pemerintah dan DPR tak perlu ragu untuk membubarkan OJK yang notabene dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 21/2011.

Baca Juga: Kia Rilis Jadwal Produksi Sorento Hybrid

"Pembentukan OJK tak lepas dari rekomendasi IMF yang mengambil contoh Financial Service Authority (FSA) di Inggris. Kenyataannya FSA justru gagal menjalankan tugasnya dan mengakibatkan Inggris terpuruk krisis financial global pada 2008," sebutnya.

"Apalagi, kini situasi OJK sedang berada di titik nadir lantaran mendapat sorotan dari DPR RI, BPK, maupun Ombudsman," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X